Resep ikan tongkol balado dengan campuran cabai merah, bawang merah, jahe, dan jeruk nipis
Resep ikan tongkol balado dengan campuran cabai merah, bawang merah, jahe, dan jeruk nipis ( Shutterstock)

Pakai Daun Kari dan Asam Sunti, Berikut Resep Tumis Ikan Tongkol Pedas

5 Desember 2023 17:36 WIB

SonoraBangka.id - Ikan tongkol segar cocok ditumis bersama bumbu halus merah seperti masakan khas Sumatera Utara. Bumbu khas Sumatera Utara yang digunakan ialah daun salam koja atau disebut juga daun kari.

Ada pula asam sunti, belimbing wuluh yang dikeringkan dan diasinkan. Usahakan menggunakan dua bumbu khas itu agar rasa tumis ikan tongkol otentik. Namun, bila tak ada daun salam koja, bisa menggunakan daun salam biasa. Pengganti asam sunti pun bisa pakai asam jawa.

Yuk, ikuti cara bikin tumis ikan tongkol khas Sumatera Utara mengutip buku "Masakan Ikan dari Sumatera" karya Hayatinufus AL Tobing terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep tumis ikan tongkol

Bahan ikan tongkol

1 ekor ikan tongkol (sekitar 800 gram)

1 buah jeruk nipis, peras airnya

1 sdt peres garam

2 batang serai, memarkan

1/2 lembar daun pandan, potong 7 cm

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm