Motor listrik United TX3000 saat dipakai hujan-hujanan di rute Jakarta-Bogor.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Motor listrik United TX3000 saat dipakai hujan-hujanan di rute Jakarta-Bogor.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Begini Untuk Perawatan Dinamo Motor Listrik Saat Musim Hujan

7 Desember 2023 19:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jakarta dan sekitarnya sudah memasuki musim hujan. Pengguna motor listrik harus lebih waspada, sebab dinamo jadi lebih mudah bermasalah jika sering terkena air.

Ady Siswanto, pemilik bengkel spesialis motor listrik Petrikbike, mengatakan, saat musim hujan biasanya masalah sering terjadi pada motor listrik yang mengusung dinamo di roda atau hub drive.

Ia menyarankan supaya motor listrik tidak sering menerobos banjir. Usahakan untuk mencari jalan tanpa genangan air.

"Mekipun motor listrik masih bisa jalan, air bisa saja masuk ke dalam dinamo melalui sela-sela as roda, apalagi kalau sil as-rodanya sudah keras," ujar Ady, kepada Kompas.com (6/12/2023).

"Air yang masuk ke dalam dinamo itu membuat tumpukan karat pada bagian dalam dinamo, terutama pada bearing," kata dia.

Menurut Ady, karat yang berada di bearing as roda itu yang membuat putaran dinamo seret, bahkan sulit untuk diputar atau bahkan bisa macet.

"Kejadiannya enggak langsung memang, biasanya dinamo akan seret bahkan macet setelah 1-2 minggu setelah motor listrik menerobos banjir," ucap Ady.

Di samping banjir, dinamo motor listrik juga bisa seret karena cara mencuci motor listrik yang salah. Ia menyarankan untuk tidak langsung menyemprot bagian hub drive.

"Jangan langsung menyemprotkan air pada as roda, itu juga membuat air dapat masuk ke dalam, apalagi jika sil as roda sudah getas," kata Ady.

"Namun untuk pelek dan ban tidak apa-apa untuk disemprot langsung dengan air dan dicuci dengan sabun,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Perawatan Dinamo Motor Listrik Saat Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/07/070200215/begini-perawatan-dinamo-motor-listrik-saat-musim-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm