Ilustrasi sholat
Ilustrasi sholat ( Freepik.com)

Ini Hukumnya dalam Islam Jika Main Hp saat Khutbah Jumat Berlangsung

8 Desember 2023 09:28 WIB

SonoraBangka.idSholat Jumat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap laki-laki muslim yang sudah akil balig.

Nah, jika main hp saat khutbah jumat berlangsung, bagaimana hukumnya dalam Islam?

Salat Jumat wajib bagi muslim laki-laki, kecuali yang berhalangan seperti sakit (sakit berat, yang tidak memungkinkan pergi ke masjid) atau bepergian (di atau ke tempat yang susah menemukan masjid untuk melakukan salat berjamaah).

Salah satu syarat sah salat Jumat ialah khutbah Jumat. Sehingga saat khutbah berlangsung, hendaknya jamaah menyimak dengan seksama.

Namun tak sedikit orang yang bermain ponsel atau handphone saat khatib atau penceramah sedang menyampaikan khutbah.

Lalu, bagaimana hukum main handphone ketika khutbah Jumat sedang berlangsung?

Dikutip dari laman Kementerian Agama atau Kemenag, setiap perkara yang mengganggu konsentrasi mendengarkan khutbah Jumat, hukumnya makruh.

Dalam kitab Hasyiyatul Jamal, Syaikh Sulaiman Al-Jamal mengatakan:

"Dan dimakruhkan berjalan di antara barisan jamaah salat Jumat untuk meminta-minta, menjalankan kendi dan geriba untuk mengalirkan air, membagi-bagikan selebaran, serta memberikan sedekah pada jemaah. Hal ini karena perkara tersebut dapat melenakan jamaah untuk berzikir dan mendengarkan khutbah." 

Seperti diketahui, bermain HP juga berpotensi menganggu konsentrasi jamaah saat mendengarkan khutbah.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm