Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).(KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu)
Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).(KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu) ( KOMPAS.COM)

Apakah Boleh Mengganti SIM yang Sudah Pudar?

10 Desember 2023 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian, sebagai syarat untuk mengemudi kendaraan bermotor di jalan raya.

Setiap pengemudi wajib memiliki SIM yang sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan, ini sesuai dengan peraturan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 77.

Pada SIM berisi data pribadi seperti nama, alamat, dan bahkan foto pemegang SIM. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa SIM dapat dijadikan bukti identitas yang sah saat seseorang mengemudi kendaraan bermotor.

Tapi, apabila foto pada SIM mulai pudar atau sudah tidak terlihat jelas, sehingga menyulitkan identifikasi, apakah boleh diperbarui?

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal mengatakan, tidak ada peraturan yang menyatakan bisa atau tidak melakukan penggantian foto pada SIM.

“Terkait dengan permohonan pergantian foto pada SIM secara aturan tidak diatur secara khusus,” ucap Alfian kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Alfian juga menjelaskan, sebelum memutuskan menggunakan foto untuk SIM, pihaknya akan menanyakan terkait kesesuaiannya terlebih dahulu.

“Pengambilan foto saat ini juga senantiasa dikoordinasikan ke pemohon apakah diambil ulang atau cukup hasil foto yang telah diambil,” ujar Alfian.

Maka, ketika ada pemohon yang ingin mengubah foto bisa dilakukan ketika melakukan perpanjangan SIM.

“Untuk itu, kalau memang ingin mengubah foto kami sarankan saat akan perpanjangan SIM,” ucapnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm