Menteri BUMN sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/11/2023).
Menteri BUMN sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/11/2023). ( KOMPAS.com)

Erick Thohir: Merger Pelita Air dan Citilink untuk Tekan Harga Tiket

14 Desember 2023 17:22 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal melakukan merger atau penggabungan maskapai penerbangan Pelita Air dan Citilink. Penggabungan ini diyakini mampu menekan harga tiket pesawat.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, minimnya jumlah armada pesawat menjadi salah satu penyebab mahalnya harga tiket pesawat. Saat ini kondisi armada pesawat di Indonesia pun telah berkurang banyak.

Sebelum pandemi Covid-19, jumlah armada di Indonesia mencapai 750 unit pesawat, namun kini menjadi hanya sebanyak 450 unit pesawat.

"Kompleksitasnya itu, termasuk pesawat terbang. Pesawat terbang kita sebelum Covid itu 750 pesawat, hari ini 450, makanya tiketnya mahal," ujarnya ditemui di Waskita Rajawali Tower, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Oleh sebab itu, dengan dilakukannya merger Pelita Air dan Citilink diharapkan memperkuat proses bisnis kedua maskapai BUMN tersebut. Sehingga bisa dilakukan penambahan jumlah maskapai milik BUMN.

Menurut Erick, minimnya jumlah armada maskapai BUMN saat ini bukan karena rendahnya kapabilitas perusahaan, melainkan karena memang belum pulihnya kondisi perusahaan dari pandemi Covid-19.

"Karena itu kita mendorong yang namanya merger atau penggabungan Pelita dengan Citilink. Supaya kita punya kekuatan untuk menyeimbangkan harga tiket. Ini yang kita dorong. Jadi bukan karena kita tidak capable, tapi memang pasca Covid itu belum balik," kata Erick.

Sebelumnya, Erick pernah mengungkapkan bahwa Indonesia masih kekurangan sekitar 200 pesawat. Perhitungan itu diperoleh dari perbandingan antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Menurutnya, di Amerika Serikat, terdapat 7.200 pesawat yang melayani rute domestik, di mana terdapat 300 juta populasi yang rata-rata pendapatan per kapita mencapai 40.000 dollar AS.

Sementara di Indonesia terdapat 280 juta penduduk yang memiliki pendapatan per kapita 4.700 dollar AS. Itu berarti Indonesia membutuhkan setidaknya 729 pesawat.

"BUMN terus menekan logistic cost. Pelindo dari 4 (perusahaan) menjadi 1. Sebelumnya, logistic cost mencapai 23 persen, sekarang jadi 11 persen. Kita juga upayakan Pelita Air, Citilink, dan Garuda merger untuk menekan cost," ungkapnya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir: Merger Pelita Air dan Citilink untuk Tekan Harga Tiket ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/12/14/150457126/erick-thohir-merger-pelita-air-dan-citilink-untuk-tekan-harga-tiket?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm