Ilustrasi efek samping pisang terlalu matang.(Shutterstock/arimathea)
Ilustrasi efek samping pisang terlalu matang.(Shutterstock/arimathea) ( KOMPAS.COM)

5 Untuk Efek Samping Makan Pisang Terlalu Matang, Apa Saja?

17 Desember 2023 15:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pisang terlalu matang cenderung tidak menggugah selera karena teksturnya lebih lembek dengan kulit berwarna kecoklatan.

Padahal, pisang terlalu matang masih termasuk bahan serba guna yang dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan, seperti roti, bolu, hingga nugget.

Tak kalah dari fungsinya dalam dunia kuliner, pisang kecoklatan dilengkapi dengan kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan.

Dilansir dari laman India Today, pisang kematangan kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan penyakit kronis, seperti kanker.

Sama seperti pisang pada umumnya, bahan pangan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, dan memperbaiki suasana hati seseorang.

Berkat kandungan lektin, makan buah ini setiap hari juga berpotensi mengurangi risiko kanker darah atau leukimia, seperti menurut Medical News Today.

Selain itu, pisang kaya akan kalium, mineral yang membantu mempertahankan kadar cairan serta mengatur pergerakan nutrisi maupun produk limbah keluar dan masuk sel tubuh.

Kalium juga membantu otot untuk berkontraksi dan sel saraf untuk merespons, sehingga organ jantung berdetak secara teratur.

Walau bermanfaat, makan pisang terlalu matang juga dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan.

Lantas, apa saja efek samping makan pisang terlalu matang?

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm