Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) slepet sarung di debat cawapres, JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Tangkapan layar Kompas TV)
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) slepet sarung di debat cawapres, JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Tangkapan layar Kompas TV) ( KOMPAS.COM)

Disebut Cak Imin 15 Kali pada Debat Cawapres, Apa Arti Kata Slepet?

23 Desember 2023 21:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar berkali-kali menyebut kata slepet saat debat cawapres 2024, Jumat (22/12/2023) malam.

Setidaknya, dia mengulang kata slepet sebanyak 15 kali selama 120 menit acara berlangsung.

"Inilah yang disebut sebagai slepet menjadi bagian dari kewenangan untuk hadirkan kemakmuran dan keadilan," kata dia, dikutip dari Kompas.com, Jumat.

Tak cuma mengatakan slepet, pria yang akrab disapa Cak Imin itu juga menerangkan maksud kata itu menggunakan sarung yang dikalungkan di lehernya.

Sebelumnya, Cak Imin juga beberapa kali mengucapkan kata slepet dalam kampanyenya sebagai cawapres mendampingi Anies Baswedan.

Lantas, apa arti kata slepet?

Arti kata "slepet"

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Harimansyah mengatakan, kata slepet bukan berasal dari bahasa Indonesia, sehingga belum terdaftar di KBBI.

"Slepet itu memang berasal dari bahasa Jawa dan belum masuk ke KBBI," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/12/2023).

Menurut Ganjar, kata slepet sama artinya dengan menyebat atau melecut dalam bahasa Indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm