Kunyit mengandung sekitar 2 persen oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi terlalu banyak.(ollo)
Kunyit mengandung sekitar 2 persen oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi terlalu banyak.(ollo) ( KOMPAS.COM)

12 Tipe Untuk Orang yang Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Kunyit

26 Desember 2023 16:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kunyit termasuk rempah-rempah yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia karena bermanfaat bagi kesehatan.

Kunyit berkhasiat sebagai anti-inflamasi, obat nyeri lutut, menurunkan kadar kolesterol, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan sindrom iritasi usus besar.

Ahli gizi, Vikki Petersen mengungkapkan kunyit aman dikonsumsi dengan kadar 500 sampai 1.000 miligram per hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Diberitakan Eat This Not That (12/3/2021), efek samping buruk mungkin timbul ketika seseorang mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram kunyit sehari.

Di sisi lain, ada sekelompok orang yang perlu menghindari konsumsi kunyit agar tidak membahayakan kondisi tubuhnya.

Berikut daftar orang yang perlu menghindari konsumsi kunyit.

1. Penderita celiac dan intoleransi gluten

Vikki menyebut, penderita penyakit celiac perlu menghindari kunyit berbentuk suplemen. Hal tersebut karena rempah ini berpotensi dipalsukan dengan bahan beracun dan logam berat seperti timbal.

Penyakit celiac merupakan kondisi saat sistem kekebalan menyerang jaringan tubuh ketika mengonsumsi gluten. Akibatnya, usus kecil rusak sehingga tubuh gagal menyerap nutrisi dengan baik.

Menurutnya, bahan silikon dioksida atau tepung dapat ditambahkan ke suplemen kunyit. Kedua hal ini mengandung gluten yang tidak boleh dikonsumsi penderita celiac.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm