Klakson Denso(Denso)
Klakson Denso(Denso) ( KOMPAS.COM)

Pertolongan Pertama Saat Klakson Mobil Kondisi Tidak Menyala Saat di Perjalanan

26 Desember 2023 19:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Klakson merupakan perangkat komunikasi pada mobil. Fungsinya sebagai pemberi sinyal kepada pengguna jalan lain bahwa di area tersebut ada mobil yang sedang kita kendarai.

Dengan demikian, pengendara lain akan memberikan perhatian khusus terhadap kita. Klakson juga bisa digunakan untuk meminta jalan kepada kendaraan di depan, menegur pelanggaran di jalan bahkan sebagai bentuk apresiasi atau sejenisnya.

Artinya, keberadaan klakson ini penting bagi pengendara. Sehingga ketika mati secara tiba-tiba di perjalanan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 perlu diperbaiki segera atau menuju bengkel terdekat.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan ada beberapa titik yang menjadi penyebab klakson tiba-tiba mati.

“Beberapa titik penyebab klakson mati mungkin terjangkau atau bisa diperbaiki oleh pengemudi saat itu juga, tapi ada bagian yang membutuhkan bantuan bengkel untuk memperbaikinya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (25/12/2023).

Hardi mengatakan ada beberapa area penyebab klakson mati. Bagian paling umum adalah di area perangkat klakson.

“Bisa saja ada kabel yang terlepas di perangkat klakson, sehingga bila dipasang kembali bisa langsung menyala kembali, atau perangkatnya yang memang sudah rusak,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan bila kejadian klakson mati di jalan, pengemudi bisa melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan apakah klakson bisa diperbaiki secara mandiri atau membutuhkan bantuan bengkel.

Pengendara harus tahu letak kotak sekring kelistrikan bodi, di sana ada sekering dan relay untuk klakson. Bagian tersebut menurut Hardi merupakan kunci untuk dapat menganalisis kerusakan klakson secara manual atau tanpa alat.

“Pengendara bisa memegang relay klakson lalu orang lain diminta untuk menekan tombol klakson, jika relay merespon dengan bunyi “klik” artinya ada harapan klakson bisa diperbaiki,” ucap Hardi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm