Guna memberikan keamanan sebagai prioritas bagi pengguna, New MG ZS dibekali fitur sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), electronic stability program (ESP), hill start assist (HSA), serta enam buah airbag ganda. (Dok. Morris Garrage)
Guna memberikan keamanan sebagai prioritas bagi pengguna, New MG ZS dibekali fitur sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), electronic stability program (ESP), hill start assist (HSA), serta enam buah airbag ganda. (Dok. Morris Garrage) ( KOMPAS.COM)

Pertolongan Pertama Saat Kondisi Lampu Indikator Airbag Mobil Menyala

26 Desember 2023 20:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lampu indikator airbag pada mobil menyala menandakan ada masalah pada sistem keselamatan airbag. Sehingga, dapat menyebabkan kantung udara gagal mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Umumnya, lampu indikator ini akan menyala pada mobil yang pernah mengalami kecelakaan dan belum sempat dilakukan penggantian pada perangkatnya.

Tapi, atas alasan lain lampu indikator airbag juga bisa menyala sehingga di layar speedometer menyala lampu dengan lambang kantung udara berwarna merah ketika mobil sedang melaju atau mesin bekerja.

Tri Winarno Mekanik Aha Motor Yogyakarta mengatakan lampu indikator airbag bisa menyala secara tiba-tiba padahal tidak terjadi kecelakaan atau tanda-tanda aktivitas sistem airbag bekerja.

“Jika hal ini terjadi pada Anda di perjalanan, hal pertama yang perlu dilakukan tidak perlu panik karena penyebab indikator ini menyala bisa bermacam-macam, yang terpenting arahkan kendaraan menuju ke bengkel terdekat,” ucap Tri kepada Kompas.com, Selasa (26/12/2023).

Tri mengatakan ketika lampu indikator airbag menyala sebenarnya tidak banyak yang bisa dilakukan pengemudi selain tetap tenang dan mengambil keputusan yang tepat.

“Dengan segera menuju ke bengkel, maka akan segera diketahui apa penyebab indikator tersebut menyala, karena jika dibiarkan maka selama perjalanan sistem keselamatan airbag tidak akan bekerja,” ucap Tri.

Umumnya penyebab indikator airbag menyala secara tiba-tiba adalah terjadi rangkaian kabel putus pada bagian spiralnya yang terletak di roda kemudi.

“Spiral kabel ini tipis dan selalu bergesekan dan mengalami pergerakan selama roda kemudi diputar saat pengoperasian, sehingga seiring pemakaianan akan putus, kabel ini juga bersandingan dengan kabel klakson,” ucap Tri.

Sehingga sering dijumpai ketika indikator airbag menyala juga diikuti dengan klakson mati. Kejadian ini menurut Tri tidak terlalu berisiko atau membuat airbag mengembang dengan sendirinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm