Ilustrasi baterai mobil listrik(Dok. Carscoops.com)
Ilustrasi baterai mobil listrik(Dok. Carscoops.com) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Baterai Mobil Listrik Rusak Harus Ganti Secara Satu Gelondong?

14 Januari 2024 17:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil listrik cukup menyita perhatian masyarakat karena teknologi yang ditawarkan. Tapi, sebagian mereka masih khawatir bila harus membeli mobil listrik karena harga baterainya mahal.

Muncul anggapan di kalangan masyarakat bahwa jika baterai rusak setelah habis masa garansi maka biaya yang dikeluarkan sangat besar karena harus ganti satu gelondong baterai.

Lantas, apakah benar bila baterai mobil listrik rusak penggantian baterainya harus satu gelondong?

Arif Nugroho, Service Advisor Hyundai Solo Baru mengatakan baterai pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5 bergaransi hingga 8 tahun jadi selama itu masih aman, namun jika kerusakan terjadi setelah habis masa garansi yang jadi masalah.

“Sebenarnya ketika baterainya rusak atau drop, kami tidak akan langsung menggantinya secara utuh satu gelondong, karena itu biayanya akan sangat mahal, tapi kami lakukan diagnosa untuk mengetahui bagian atau sel mana yang rusak,” ucap Arif kepada Kompas.com, Rabu (3/1/2024).

Arif mengatakan, contoh sederhananya seperti aki pada mobil terdiri dari 6 sel yang akan menghasilkan listrik 12 volt. Bila salah satu sel bermasalah maka tegangan menjadi 10 volt dan perbaikannya hanya satu sel saja.

“Pada mobil listrik, Hyundai khususnya perbaikan bisa dilakukan per bagian, jadi tidak perlu khawatir harus mengganti baterai satu gelondong bila rusak setelah habis masa garansi,” ucap Arif.

Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, modul pada baterai Ioniq 5 sudah dirancang dengan bentuk persegi panjang dan sel-selnya berbentuk kantong, bukan silinder seperti baterai perangkat elektronik pada umumnya.

"Jumlahnya ada 24 modul untuk Standard Range dan 32 modul untuk Long Range. Jadi, di dalam baterai pack tersebut, totalnya terdapat 288 sel untuk Standard Range dan 360 sel untuk Long Range," kata Bonar, belum lama ini.

Namun, kalau baterai mengalami kerusakan, bukan berarti harus diganti secara utuh satu pak baterai. Hyundai akan memindai baterai tersebut dengan alat diagnosa, kemudian akan diganti hanya pada modul baterai yang performanya sudah di bawah standar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm