Ilustrasi membunyikan klakson.(Shutterstock)
Ilustrasi membunyikan klakson.(Shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Pahami Aturan Untuk Membunyikan Klakson yang Benar

18 Januari 2024 21:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Klakson merupakan salah satu komponen yang penting dalam kendaraan bermotor, berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengguna jalan lain.

Maka dari itu, penggunaan klakson tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, penggunaan klakson tidak boleh sembarangan bahkan di luar negeri bunyi klakson sesuai dengan aturan yang ada.

“Di luar negeri bunyi klakson itu persis dalam aturan yang berlaku, dan hanya digunakan untuk konteks keselamatan atau konteks darurat,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Jusri juga mengatakan, bahwa dalam keadaan overtaking di luar negeri tidak dianjurkan untuk menggunakan klakson.

“Overtaking tidak dianjurkan menggunakan klakson disana, kalau di Indonesia saat kita mau menyalip untuk memastikannya kita harus menggunakan klakson kalau perlu,” ucap Jusri.

Walau begitu, Jusri juga menyadari bahwa di Indonesia penggunaan klakson masih suka-suka dan tidak sesuai aturan.

“Aktualnya di Indonesia masih suka-suka, bahkan ada pengemudi yang sedikit-sedikit menggunakan klakson untuk mendistraksi calon penumpang atau orang yang disekitarnya dan jadinya ditiru oleh banyak orang,” ucap Jusri.

Perlu diingat, sesuai dengan kewajiban adanya klakson juga diatur dalam Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 69.

Pada Pasal 69 dijelaskan bahwa, suara klakson paling rendah 83 desibel dan paling tinggi 118 desibel atau dB (A) dengan pengukuran serendah-rendahnya pada jarak dua meter di depan kendaraan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm