Mengetahui cara mengatasi sembelit pada anak sangat diperlukan agar kondisi yang dialami tidak bertambah parah.(iStockphoto/Suzi Media Production)
Mengetahui cara mengatasi sembelit pada anak sangat diperlukan agar kondisi yang dialami tidak bertambah parah.(iStockphoto/Suzi Media Production) ( KOMPAS.COM)

5 Makanan yang Perlu Untuk Dihindari agar Tidak Sembelit

21 Januari 2024 15:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Konstipasi atau sembelit adalah kondisi ketika seseorang kesulitan atau susah buang air besar (BAB) sampai kurang dari tiga kali seminggu.

Ada beragam penyebab sembelit, salah satunya dari faktor makanan atau pola makan tidak sehat.

Dikutip dari Medical News Today, terlalu banyak mengonsumsi makanan rendah serat dapat menimbulkan konstipasi bagi sebagian orang.

Untuk itu, Anda perlu menghindari 5 makanan ini agar tidak sembelit.

Makanan yang perlu dihindari agar tidak sembelit

Terdapat beberapa makanan yang perlu dihindari agar kita tidak mudah sembelit, antara lain:

1. Makanan cepat saji

Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestvie and Kidney Diseases, makanan cepat saji menjadi salah satu jenis makanan yang perlu dihindari agar tidak susah BAB.

Makanan cepat saji memiliki kandungan lemak yang tinggi dan rendah serat. Kombinasi keduanya bisa menghambat proses pencernaan, sehingga memicu konstipasi.

Tidak cuma itu, makanan cepat saji juga cenderung mengandung banyak garam, yang dapat menurunkan kadar air pada tinja, mengeringkannya, dan membuat kotoran BAB lebih sulit dikeluarkan dari tubuh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm