Ilustrasi buah dan sayur. 95,4 persen orang Indonesia kurang makan sayur dan buah.(iStockPhoto/YelenaYemchuk)
Ilustrasi buah dan sayur. 95,4 persen orang Indonesia kurang makan sayur dan buah.(iStockPhoto/YelenaYemchuk) ( KOMPAS.COM)

95 Persen Orang Indonesia Kurang Sayur dan Buah, Berapa Untuk Porsi Idealnya?

24 Januari 2024 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merinci, sebanyak 95,4 persen orang Indonesia masih kurang mengonsumsi buah dan sayur.

Angka tersebut diperoleh dari laporan nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang terakhir kali diterbitkan pada 2018 silam.

"Iya betul (data kurang konsumsi sayur dan buah terakhir ada di Riskesdas 2018)," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (243/1/2024).

Meski tampak sepele, kurang makan sayur dan buah dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan, mulai dari sulit buang air besar, kegemukan, hingga tekanan darah dan kadar glukosa darah tidak terkontrol.

Menurut Kemenkes, minimnya asupan sayur dan buah juga berpotensi meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah dan mudah terkena penyakit menular.

Lantas sebenarnya, berapa banyak porsi buah dan sayur yang perlu dimakan?

Porsi buah dan sayur per hari

Dokter gizi komunitas dari Dr Tan & Remanlay Institute, Tan Shot Yen menjelaskan, manusia memerlukan setidaknya 4-5 porsi buah dan sayur setiap hari.

Jumlah sayur dan buah yang perlu dimakan tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

"WHO dan FAO menjelaskan 4-5 porsi sayur dan buah per hari," ujar Tan, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (22/1/2024).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm