Konsumen tengah menjajal motor listrik terbaru Honda. (Dok DAM)
Konsumen tengah menjajal motor listrik terbaru Honda. (Dok DAM) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Tidak Semua Untuk Motor Listrik Tahan Banjir

31 Januari 2024 21:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Banjir merendam sebagian besar wilayah di Indonesia setelah turun hujan tadi malam. Curah hujan tinggi menyebabkan sejumlah genangan di jalan hingga menyebabkan kemacetan.

Seperti yang diketahui kendaraan bermotor bisa rusak kalau terlalu dalam menerjang banjir karena air bisa masuk ke ruang bakar.

Sementara itu, untuk kendaraan listrik khususnya sepeda motor sebenarnya juga tidak sepenuhnya aman untuk melibas banjir meski sudah ada sistem pelindungnya.

Rubiyanto, Pemilik Bengkel Konversi Motor Listrik Rwin Development mengatakan secara umum motor listrik sudah didesain tahan air sehingga aman untuk musim hujan yang ada di Indonesia.

“Beberapa komponen penting pada motor listrik seperti dinamo, baterai dan perangkat lainnya sudah dilapisi oleh pelindung, sehingga aman bila terkena air,” ucap Rubiyanto kepada Kompas.com, Selasa (22/1/2024).

Rubiyanto mengatakan baterai sudah terlindungi dengan penutup anti air dan keras. Rumah baterai tersebut sudah menjadi perangkat satu paket ketika membeli baterai.

“Dinamonya juga terbilang unik, jadi tidak perlu dibongkar untuk dibersihkan, sehingga debu atau air tidak akan masuk dan merusak komponen, sangat aman digunakan,” ucap Rubiyanto.

Hanya saja, perlu dipastikan kembali saat membeli unit motor listrik karena masing-masing pabrikan memiliki standar tidak sama. Mungkin saja ada yang tidak boleh terkena air pada bagian-bagian tertentu.

Muhammad Bagas Kamal, Lead Engineer Perusahaan Konversi PT Nagara Sains Ekosistem (Nagara) menjelaskan, motor-motor konversi lansiran terbaru punya daya tahan tinggi terhadap cuaca, baik itu panas dan kering ataupun dingin dan basah.

“Setidaknya untuk motor listrik konversi buatan kami (Nagara), kualitasnya dijamin baik dan tahan menghadapi musim hujan. Seharusnya motor konversi (buatan bengkel) lainnya pun sama,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm