Ilustrasi Tahun Naga Kayu. Tahun 2024 adalah Tahun Naga Kayu menurut penanggalan Tionghoa.(SHUTTERSTOCK/WASANAJAI)
Ilustrasi Tahun Naga Kayu. Tahun 2024 adalah Tahun Naga Kayu menurut penanggalan Tionghoa.(SHUTTERSTOCK/WASANAJAI) ( KOMPAS.COM)

Menilik Untuk Keberuntungan Bisnis di Tahun Naga Kayu, Sektor Apa yang Cuan?

14 Februari 2024 18:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Tahun 2024 adalah Tahun Naga dalam penanggalan Tionghoa. Tahun Naga sering kali dipandang sebagai tahun keberuntungan dan kemakmuran.

Meski begitu, tahun baru Imlek yang dirayakan pada Sabtu (10/2/2024) lalu, juga membawa peruntungan yang berbeda, menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa. Di sinilah feng shui kerap menjadi rujukan.

Feng shui adalah praktik Tiongkok kuno yang berupaya menjaga keseimbangan antara manusia dan lingkungannya. Lima elemen kunci, yaitu kayu, api, tanah, logam, dan air diyakini sangat penting dalam mewujudkan keharmonisan dan keseimbangan.

Pun beberapa orang merujuk ke feng shui untuk memprediksi masa depan aktivitas ekonomi.

Dikutip dari CNBC, Rabu (14/2/2024), dalam laporan feng shui Maybank Investment tahun 2024, kepala riset Thilan Wickramasinghe, bersama dengan pakar feng shui Ken Koh, melihat sektor mana yang akan memiliki kinerja lebih baik dan sektor mana yang akan menghadapi tantangan di Tahun Naga.

Tahun 2024 adalah Tahun Naga Kayu dan akan menjadi tahun yang “unik”, menurut Wickramasinghe dan Koh dalam laporan tersebut. Ini akan ditandai dengan semua energi “Yang”, yang melambangkan keputusan yang maskulin, terburu-buru, dan berjangkauan jauh.

Tahun baru juga menandakan dimulainya siklus feng shui 20 tahun yang baru, di mana unsur api akan menjadi dominan. Hal ini akan menguntungkan industri-industri yang termasuk dalam elemen api, seperti teknologi, kecerdasan buatan, energi, dan obat-obatan.

Api, menurut Koh, merupakan simbol aktivitas ekonomi, kepercayaan diri, dan optimisme.

Walaupun perekonomian dunia kemungkinan akan melambat pada paruh pertama tahun ini, bisnis di sektor-sektor elemen api seperti teknologi, kedokteran, hiburan, dan perjalanan kemungkinan akan tumbuh dengan baik pada awal tahun.

Maybank juga menyatakan bahwa sektor asuransi akan berkinerja baik pada tahun ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm