Ilustrasi kanker(Dok. Shutterstock/Inspiration GP)
Ilustrasi kanker(Dok. Shutterstock/Inspiration GP) ( KOMPAS.COM)

Apakah Untuk Penderita Kanker Bisa Sembuh Sempurna?

22 Februari 2024 20:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Unggahan warganet yang menarasikan bahwa kanker tidak bisa sembuh sempurna, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dimuat di akun media sosial X (Twitter) @tanyakanrl pada Selasa (13/2/2024).

"Kanker itu kan gak bisa sembuh ya katanya. Kalo misal stadium 2, ada kemungkinan bakal turun ke stadium 1 gak? Atau bakal 2 terus? Atau malah bisa naik jadi 3 atau 4?" tulis pengunggah.

Unggahan tersebut kemudian mendapatkan beberapa komentar dari warganet yang mengatakan bahwa kanker bisa sembuh asalkan dideteksi sedini mungkin.

"Bisa nder,kalo dari awal udh terdeteksi kemungkinan sembuhnya lebih besar,saudara ku ada yg kena kanker payudara,setelah rajin kemo dll dia akhirnya sembuh. beberapa tahun kemudian muncul lagi,dioprasi lagi dan skrg sembuh lagi," tulis akun @jalanparis.

"Bisa nderr!! Cancer bisa sembuh!! My dad was cancer survivor thoos!! but now his already healthy and busy prepared outfit buat nyoblos besok!!!" tulis akun @ayasubak.

Lantas, benarkah kanker bisa disembuhkan?

Penjelasan dokter

Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia cabang Jakarta Raya (POI JAYA) sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik, Prof. Ikhwan Rinaldi mengatakan, kanker masih bisa disembuhkan, terlebih bila masih berada di stadium awal.

"Jadi kanker itu kan ada stadium 1 sampai stadium 4, nah itu tergantung dari ukuran benjolan atau tumor, dan sudah meluas ke organ atau area lain atau belum. Nah, stadium ditentukan oleh itu," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm