Ilustrasi pekerja migran Indonesia (PMI)
Ilustrasi pekerja migran Indonesia (PMI) ( SHUTTERSTOCK)

Kemenaker Gagalkan Keberangkatan 8 TKI Ilegal, Masih Ada yang Lolos

4 Maret 2024 18:01 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersama Tim Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan keberangkatan 8 orang calon pekerja migran Indonesia (CPMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) nonprosedural pada Sabtu (2/3/2024).

"Telah digagalkan 8 orang calon pekerja migran yang akan ditempatkan secara nonprosedural, mereka terdiri dari 1 orang yang akan diberangkatkan ke Qatar, dan 7 orang lainnya akan ditempatkan ke Dubai, UEA," kata Dirjen Binwasnaker dan K3, Haiyani Rumondang dalam keterangan tertulis, Senin (4/2/2024).

Haiyani meminta masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri untuk memilih jalur prosedural mengingat melalui jalur tersebut masyarakat akan mendapatkan kepastian perlindungan.

"Kami kembali mengajak semua pihak untuk mewujudkan penempatan pekerja migran Indonesia yang prosedural, profesional, dan bermartabat demi kebaikan bersama," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Binariksa Kemnaker Yuli Adiratna mengatakan, kedelapan calon TKI tersebut berasal dari Karawang sebanyak 3 orang, Cianjur 2 orang, Indramayu 1 orang, Serang 1 orang, dan Nusa Tenggara Barat 1 orang. 

Ia mengatakan, kedelapan calon TKI nonprosedural tersebut akan diberangkatkan menggunakan pesawat Srilankan Airlines UL365 pukul 14.25 WIB yang transit Colombo dan diteruskan ke Doha/Dubai.

"Berdasarkan keterangan dari calon pekerja migran yang berhasil dicegah keberangkatannya, tidak hanya 8 CPMI nonprosedural yang akan berangkat dalam penerbangan tersebut, namun masih cukup banyak calon pekerja migran yang berhasil lolos dan tetap berangkat," kata Yuli.

Lebih lanjut, Yuli mengatakan, 2 orang calon pekerja migran mengaku diberangkatkan oleh sebuah perusahaan berinisial A di mana saat ini masih banyak calon pekerja migran di penampungan perusahaan tersebut

"Selanjutnya pihak Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta akan membuat Laporan Polisi (LP) ke Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian dilakukan penindakan selanjutnya," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenaker Gagalkan Keberangkatan 8 TKI Ilegal, Masih Ada yang Lolos", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/03/04/091844626/kemenaker-gagalkan-keberangkatan-8-tki-ilegal-masih-ada-yang-lolos.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm