Manfaat matahari pagi bagi kesehatan.(iStockphoto/PeopleImages)
Manfaat matahari pagi bagi kesehatan.(iStockphoto/PeopleImages) ( KOMPAS.COM)

Jarang Diketahui, Berikut 7 Untuk Manfaat Matahari Pagi bagi Kesehatan

12 Maret 2024 17:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sinar matahari pagi diketahui memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan jika terpapar dengan keseimbangan yang tepat.

Sinar matahari secara umum memang memiliki manfaat positif, selama tidak terlalu berlebihan.

Mengutip laman Healthline, terkena sinar matahari selama 5 hingga 15 menit di lengan, tangan, dan wajah 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menikmati manfaat sinar matahari yang meningkatkan vitamin D.

Kulit harus terpapar secara langsung, sebab mengenakan pakaian atau tabir surya pada kulit Anda tidak akan menghasilkan produksi vitamin D yang maksimal.

Sinar matahari pagi juga diketahui dapat meningkatkan suasana hati karena meningkatkan pelepasan hormon yang disebut serotonin di otak.

Sejalan dengan itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan sinar matahari dapat membantu mengatasi beberapa kondisi kulit.

Lantas, apa saja manfaat matahari pagi bagi kesehatan?

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut sejumlah manfaat kesehatan dari paparan sinar matahari pagi untuk kesehatan:

1. Sumber vitamin D yang baik

Dilansir dari laman NDTV, sinar matahari merupakan sumber Vitamin D terbaik. Tubuh manusia cenderung memproduksi Vitamin D ketika terkena sinar matahari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm