ilustrasi ginjal. faktor risiko gangguan ginjal.(iStockphoto/Ivan-balvan)
ilustrasi ginjal. faktor risiko gangguan ginjal.(iStockphoto/Ivan-balvan) ( KOMPAS.COM)

Ciri Air Kencing Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Ginjal, Kenali Untuk Risikonya

12 Maret 2024 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih yang berfungsi menyaring racun dari darah, serta membuangnya bersama air dalam bentuk urine atau air kencing.

Oleh karena itu, indikasi gangguan ginjal dapat dilihat dari penampakan urine yang dikeluarkan oleh tubuh.

Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Ginjal Hipertensi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Ni Made Hustrini mengatakan, kondisi ginjal dapat ditilik dari volume dan warna air kencing.

Tapi, volume air kencing yang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidak selalu menjadi patokan adanya gangguan ginjal.

"Berapa banyak jumlah kencing yang normal sangat tergantung aktivitas, cuaca, dan sebagainya," ujarnya dalam diskusi daring bertajuk Deteksi Dini Gangguan Ginjal pada Dewasa: Kenali dan Cegah, Selasa (12/3/2024).

Ciri air kencing tanda gangguan ginjal

Made mengatakan, masyarakat di negara tropis akan menghasilkan penguapan air yang cukup banyak melalui kulit (keringat), sehingga volume air kencing bisa relatif lebih sedikit.

Belum lagi kalau diiringi aktivitas berat, olahraga, atau kurang minum, maka air kencing yang keluar dari tubuh pun menjadi lebih sedikit.

"Tapi normalnya ginjal bisa menghasilkan 1,5 sampai 2,5 liter air kencing setiap hari," kata dia.

Sementara itu, air kencing normal yang menandakan ginjal sehat umumnya berwarna jernih atau tidak terlalu pekat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm