Manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari.(Shutterstock/PeopleImages.com - Yuri A)
Manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari.(Shutterstock/PeopleImages.com - Yuri A) ( KOMPAS.COM)

Jalan Kaki 10.000 Langkah Per Hari Bisa Mengurangi Risiko Bahaya Duduk Terlalu Lama

13 Maret 2024 15:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jalan kaki merupakan aktivitas olahraga yang terbukti secara ilmiah meningkatkan kesehatan tubuh.

Studi terbaru yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine menemukan, aktivitas jalan kaki dikaitkan dengan peningkatan gerak tubuh sehingga mampu mengurangi dampak bahaya duduk terlalu lama.

Seperti yang diketahui, gaya hidup tidak banyak bergerak seperti duduk terlalu lama semakin umum terjadi. Kebiasaan buruk ini mampu meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes.

Dilansir dari Science Alert, penelitian menunjukkan, semakin banyak langkah yang dilakukan, semakin kecil risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

"Hal ini mengandung pesan kesehatan bahwa semua pergerakan itu penting dan masyarakat harus mencoba untuk mengimbangi konsekuensi kesehatan dari waktu duduk yang tidak dapat dihindari dengan meningkatkan jumlah langkah harian mereka," kata ilmuwan kesehatan populasi Matthew Ahmadi dari Universitas Sydney di Australia.

Lantas, berapa langkah kaki untuk mengimbangi kebiasaan duduk terlalu lama?

Manfaat jalan kaki 10.000 langkah per hari

Ahmadi mengatakan, jalan kaki sebanyak 9.000-10.000 langkah per hari mampu menekan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21 persen dan kematian dini sebanyak 39 persen.

"Melakukan antara 9.000 dan 10.000 langkah sehari secara optimal menurunkan risiko kematian dan kejadian kardiovaskular di antara peserta yang tidak banyak bergerak," ujar dia.

Hasil itu ditemukan dari analisis data 72.174 sukarelawan yang berkontribusi pada UK Biobank, sebuah kumpulan data besar jangka panjang yang dibuat pada 2006 dan digunakan untuk melacak langkah-langkah kesehatan peserta selama 30 tahun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm