Pedagang kurma di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (13/3/2024).(kompas.com / Nabilla Ramadhian)
Pedagang kurma di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (13/3/2024).(kompas.com / Nabilla Ramadhian) ( KOMPAS.COM)

Cara Memilih Kurma Berkualitas Bagus, Kenali Untuk Ciri-cirinya Berikut Ini

18 Maret 2024 21:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kurma menjadi makanan yang identik dengan bulan puasa atau Ramadhan, dan Lebaran.

Buah kurma kaya akan nutrisi dan bermanfaat sebagai sumber energi. Oleh karena itu, makanan ini cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

Selain itu, kurma juga memiliki manfaat sebagai pencegah anemia, meningkatkan kesehatan jantung, dan menjaga pencernaan.

Namun sebelum makan kurma, konsumen perlu memerhatikan ciri-ciri kurma yang berkualitas bagus serta mengetahui cara memilihnya.

Lalu, seperti apa ciri-ciri dan cara memilih kurma yang kualitasnya bagus?

Ciri-ciri kurma yang bagus

Untuk mendapatkan manfaat dari kurma, buah yang dimakan haruslah yang memiliki kualitas bagus. Oleh sebab itu, konsumen perlu memerhatikan tampilan fisik dari kurma saat memilih buah tersebut.

Dikutip dari Kompas.id, berikut cara memilih kurma yang bagus dengan memperhatikan ciri-cirinya. 

1. Buah mengkilap dan tidak terlalu kering

Kurma yang bagian luar daging buahnya tampak mengkilap menunjukkan kelembapan buah tersebut masih terjaga. Hal ini penting karena kurma berkualitas baik punya kadar air kurang lebih 20 persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm