Ilustrasi makerel, salah satu ikan kaya omega 3 yang menjaga kesehatan otak.(FREEPIK/DASHU83)
Ilustrasi makerel, salah satu ikan kaya omega 3 yang menjaga kesehatan otak.(FREEPIK/DASHU83) ( KOMPAS.COM)

5 Jenis Ikan Terbaik Pilihan Ahli untuk Sehatkan Otak, Apa Saja?

20 Maret 2024 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dua jenis asam lemak omega 3, asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA), menjadi nutrisi penting bagi kesehatan otak.

Berperan penting dalam mendukung kesehatan kognitif, sayangnya tubuh manusia tidak dapat memproduksi EPA dan DHA sendiri.

Menurut Kementerian Kesehatan, manusia perlu mendapatkan dua nutrisi ini dari makanan, salah satunya ikan.

Asupan makanan kaya omega 3 bisa membantu otak bekerja secara prima dan memungkinkan pemiliknya memproses informasi dengan cepat.

Sebaliknya, kekurangan nutrisi penting berpotensi memicu kesulitan berkonsentrasi, kehilangan ingatan, atau perubahan suasana hati.

Lantas, apa saja ikan terbaik untuk kesehatan otak?

Ikan untuk kesehatan otak

Peneliti dan Direktur Komunikasi Ilmiah di Organisasi Global untuk EPA dan DHA Omega 3 (GOED), Kaitlin Roke mengatakan, otak manusia sebagian besar terdiri dari lemak.

Itulah mengapa penting untuk memenuhi asupan asam lemak sehat omega 3, terutama dari ikan laut.

"Dari masing-masing asam lemak di otak, DHA khususnya ditemukan dalam jumlah tinggi," ujarnya, dikutip dari Eating Well.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm