Bahaya mengnsumsi garam secara berlebihan.(Freepik/jcomp)
Bahaya mengnsumsi garam secara berlebihan.(Freepik/jcomp) ( KOMPAS.COM)

6 Untuk Dampak Negatif Mengonsumsi Garam secara Berlebihan

21 Maret 2024 20:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Garam adalah senyawa kimia yang mengandung komponen utama natrium klorida (NaCL) dengan komposisi sekitar 40 persen natrium dan 60 persen klorida.

Tubuh manusia membutuhkan natrium untuk melakukan impuls saraf, berkontraksi dan mengendurkan otot, serta menjaga keseimbangan air dan mineral.

Manusia membutuhkan sekitar 1.500 miligram garam setiap hari untuk fungsi-fungsi tersebut.

Ketika terlalu banyak garam dalam makanan yang dikonsumsi secara rutin, dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Mengonsumsi terlalu banyak garam meningkatkan risiko gagal jantung, stroke, tekanan darah tinggi, osteoporosis, kanker perut, juga gangguan ginjal, menurut Live Science.

Kelebihan garam juga dapat menyebabkan hilangnya kalsium pada tulang dan menyebabkan beberapa efek buruk lainnya pada tubuh.

Kadar garam terlalu tinggi yang masuk ke dalam tubuh juga bisa merusak sistem imun tubuh, karena mengurangi energi yang digunakan sistem imun untuk membentengi tubuh.

Berikut adalah sejumlah efek yang dirasakan tubuh ketika mengonsumsi garam secara berlebihan:

1. Menaikkan tekanan darah

Dikutip dari laman Healthline, ada banyak alasan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Salah satunya karena terlalu banyak natrium, terutama mereka yang resisten terhadap garam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm