Ilustrasi obat dan suplemen. Ini penjelasan pakar farmasi mengenai aturan minum obat dan suplemen secara bersamaan.(Shutterstock)
Ilustrasi obat dan suplemen. Ini penjelasan pakar farmasi mengenai aturan minum obat dan suplemen secara bersamaan.(Shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Bolehkah Minum Obat dan Suplemen secara Bersamaan?

26 Maret 2024 17:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seseorang dengan kondisi tertentu, diwajibkan untuk mengonsumsi obat setiap hari.

Tak sedikit di antaranya juga mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Akan tetapi, kewajiban puasa di bulan Ramadhan membuat jam untuk minum obat dan suplemen lebih sedikit dibandingkan hari biasanya.

Dengan kondisi ini, mereka baru bisa meminum obat dan suplemen atau vitamin saat berbuka puasa secara bersamaan.

Lantas, bolehkah minum obat dan suplemen bersamaan?

Penjelasan pakar farmasi

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati mengungkapkan, boleh tidaknya obat dan suplemen dikonsumsi bersamaan dilihat dari kandungan di dalamnya.

Menurutnya, beberapa obat dan suplemen memerlukan jeda waktu untuk dikonsumsi.

Tapi, ia menyebutkan bahwa sebagian besar jenis obat dan suplemen tersebut bisa dikonsumsi bersamaan.

“Ada vitamin dan obat yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan, karena saling berinteraksi (negatif),” ujar Zullies, saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/3/2024).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm