Ilustrasi menahan kentut. Ini sejumlah dampak jika menahan kentut.(Shutterstock/Yuricazac)
Ilustrasi menahan kentut. Ini sejumlah dampak jika menahan kentut.(Shutterstock/Yuricazac) ( KOMPAS.COM)

5 Untuk Bahaya Menahan Kentut, Bisa Keluar dari Mulut

20 April 2024 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebagian orang terkadang menahan kentut, karena sungkan atau tak nyaman saat berada di tengah-tengah orang lain. 

Seperti diketahui, kentut adalah sebuah proses alamiah dengan mengeluarkan gas yang menumpuk di dalam sistem pencernaan.

Perasaan ingin kentut ini bisa muncul secara tiba-tiba, meski seseorang sedang berkumpul dengan banyak orang.

Bahkan, seseorang akan merasa malu atau tidak nyaman kalau kentutnya menghasilkan bunyi yang nyaring dan beraroma tak sedap.

Meski demikian, ternyata ada sejumlah bahaya atau risiko kesehatan yang akan terjadi jika menahan kentut. Lantas, apa saja bahaya menahan kentut?

5 bahaya menahan kentut

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut setidaknya lima bahaya atau risiko menahan kentut yang perlu diwaspadai:

1. Sakit perut

Bahaya pertama yang bisa muncul jika seseorang menahan kentut yakni muncul rasa nyeri atau sakit perut, dilansir dari MedicalNewsToday (18/7/2023).

Pasalnya, gas kentut yang terperangkap di dalam saluran pencernaan dapat memberikan tekanan berlebihan pada otot-otot di area perut.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm