Acara Puncak Dies Natalis UBB ke 18, Senin (22/04/2024)
Acara Puncak Dies Natalis UBB ke 18, Senin (22/04/2024) ( Humas UBB)

UBB Gelar Dies Natalis, Angkat Tema "18 Tahun Berpacu, Dengan BLU Melaju"

22 April 2024 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar acara puncak dari hari jadinya yang ke-18 di Aula Balai Besar Peradaban (BBP) Gedung Rektorat UBB, Senin (22/04/2024). 

Dengan mengusung tema “18 Tahun Berpacu, Dengan BLU Melaju“ pelaksanaan acara di isi dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh guru besar Sosiologi dan sekaligus sebagai rektor pertama UBB Prof.Dr. Bustami Rahcman, M.Sc.

Melalui orasinya Bustami bercerita banyak mengenai sejarah dari berdirinya UBB dari awal pembentukan sampai proses menjadi negeri dan terus berkembang sampai saat ini.

“Proses pendirian UBB ini tentunya tidak mudah dan banyak stakeholder yang terlibat dan menginginkan terwujudnya sebuah kampus yang berada di Bangka Belitung,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa dalam perguruan tinggi ada lima dimensi sistem kerja yang perlu diperhatikan, dimana itu ialah dimensi etis, dimensi keilmuan, dimensi pendidikan, dimensi sosial, dan dimensi korporasi.

Sebagai kampus yang telah bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum (BLU), menurut Bustami semua unit harus dapat saling berkontribusi untuk menjadi Strategic Business Unit (BSU) dan meningkatkan layanannya.

“Tujuan yang diharapkan dari hal tersebut tidak lain adalah desentralisasi pelaksanaan dan tanggung jawab, peningkatan efisiensi, minimalisasi birokrasi, kemudahan pengawasan dan peningkatan keuntungan,” jelasnya.

Sementara itu, pelaksana tugas (plt) rektor UBB saat ini Prof. Ibrahim menyampaikan dalam sambutannya bahwa ini adalah sebuah proses yang perlu kita sadari dan patut kita syukuri dengan bejalannya kampus UBB yang telah berusia 18 tahun dan dapat dikatakan sebagai masa remaja.

“Dengan usia ini tentu menjadi sebuah refleksi bagi kita untuk mengukur laju perjalanan bagi sebuah perguruan tinggi yang eksis bagi kemajuan masyarakat dan khususnya di Bangka Belitung,” ungkapnya.

Menurut Ibrahim, kita dalam proses sedang menanjak baik dari sisi sarana dan prasarana ataupun sisi lainnya yang jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya .

“Saya masih ingat betul dan merasakan ketika dahulu kampus banyak tersebar di berbagai titik. Namun, seiring berjalannya waktu terus berkembang dan berpusat menjadi saat sekarang,” ujarnya.

Sesuai tema yang diambil hari ini, Ibrahim mengatakan bahwa BLU dapat kita anggap sebagai sebuah capaian strategis dan kita dapat mengisi pencapaian-pencapaian itu dengan berbagai macam akselerasi terutama mengenai infrastuktur, SDM, Mahasiswa dan Mutu dari UBB itu sendiri.

Lebih lanjut, dirinya juga memberikan tiga hal penting untuk menjadi syarat butuh yang dimiliki oleh UBB untuk terus tumbuh dan berkembang.

“Diantara syarat butuh itu ialah kultur adaptif, semangat inovatif, dan totalitas peran,” pungkasnya. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm