Tim ikan bandeng. Ikan bandeng merupakan ikan tinggi albumin yang baik dikonsumsi.(Dok. Sajian Sedap)
Tim ikan bandeng. Ikan bandeng merupakan ikan tinggi albumin yang baik dikonsumsi.(Dok. Sajian Sedap) ( KOMPAS.COM)

4 Untuk Pilihan Ikan Tinggi Albumin, Bantu Cegah Sakit Ginjal dan Hati

6 Mei 2024 20:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ikan yang mengandung albumin tinggi baik dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan kadarnya dalam tubuh.

Albumin adalah jenis protein yang dibuat oleh organ hati. Dari hati, albumin akan memasuki aliran darah untuk menjaga cairan agar tidak bocor dari pembuluh darah ke jaringan lainnya.

Dilansir dari laman Medline Plus, jenis protein ini juga membawa hormon, vitamin, dan enzim untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Tanpa albumin yang cukup, cairan dapat keluar dari darah dan menumpuk di paru-paru, perut, atau bagian tubuh lain. Kadar albumin dalam darah yang rendah juga menjadi salah satu indikasi penyakit hati maupun ginjal.

Bila hati rusak atau kurang gizi, organ ini mungkin tidak menghasilkan cukup albumin. Serupa, ginjal yang rusak akan mengeluarkan terlalu banyak albumin dari tubuh melalui urine.

Lantas, apa saja ikan tinggi albumin yang bisa membantu menaikkan kadarnya?

Ikan yang mengandung albumin tinggi

Makanan yang mengandung albumin tinggi umumnya merupakan bahan pangan kaya protein, seperti ikan.

Bukan hanya tubuh manusia, albumin berperan penting dalam proses metabolisme pada tubuh ikan.

Albumin pada ikan berfungsi menjaga tekanan osmotik darah, serta membantu mengangkut metabolit, seperti asam lemak, hormon, dan bilirubin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm