Pantai Pink di Bima, NTB(Shutterstock/Syafrudin Mtop)
Pantai Pink di Bima, NTB(Shutterstock/Syafrudin Mtop) ( KOMPAS.COM)

Dua Pantai Indonesia Masuk Daftar 50 Pantai Terbaik di Dunia Edisi 2024

6 Mei 2024 21:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki setidaknya 13.466 pulau bernama, serta garis pantai mencapai panjang 99.093 km2, menurut data Badan Informasi Geospasial (BIG).

Dari banyaknya pantai yang ada di Indonesia, dua pantai dinyatakan masuk ke dalam daftar 50 Pantai Terbaik di Dunia 2024 atau The World's 50 Best Beaches 2024.

Dikutip dari laman resminya, The World's 50 Best Beaches dikurasikan berkat usulan ribuan wisatawan dunia.

Mereka memberikan setidaknya satu suara agar suatu pantai dapat masuk dalam nominasi. Tahun ini, lebih dari 1.000 wisatawan menentukan pantai yang menjadi nominasi pantai terbaik.

Kemudian, sebanyak 38 juri yang merupakan wisatawan profesional memberikan penilaian mereka untuk menentukan 50 Pantai Terbaik di Dunia 2024.

Penilaian diberikan berdasarkan kriteria spesifik berupa pemandangan sekitar pantai yang sangat unik, ada satwa liar di pantai atau laut, pantai dalam kondisi asli, serta cuma terdengar suara laut dan alam di pantai.

Selain itu, pantai dinilai terbaik jika berpasir dan memiliki air tenang, mudah ditempati untuk bersantai dalam air, punya suasana yang tidak terlalu ramai, serta sering menunjukkan pemandangan sangat indah.

Tahun ini, dua pantai Indonesia masuk dalam daftar tahunan The World's 50 Best Beaches, yakni Pantai Pink di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Pantai Kelingking di Bali sebagai pantai terbaik di dunia edisi 2024.

Dua pantai terbaik Indonesia 2024

Pantai Pink menempati ranking ketujuh dari total 50 pantai terbaik 2024. Sementara Pantai Kelingking berada pada posisi ke-39.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm