Ilustrasi teh(iStockphoto/WiroKlyngz)
Ilustrasi teh(iStockphoto/WiroKlyngz) ( KOMPAS.COM)

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Untuk Minum Teh Selama Sebulan?

14 Mei 2024 21:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Menyeruput secangkir teh setiap pagi adalah salah satu aktivitas yang sering  dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Teh digemari karena mengandung kafein yang dapat menstimulan otak untuk meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati.

Tapi, konsumsi teh juga sering sering menimbulkan efek samping pada sebagain orang, terutama pada mereka yang memiliki gangguan pada penyerapan zat besi.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/5/2024), teh mengandung senyawa fenolik yang dapat mengganggu penyerapan zat besi, sehingga menghambat pembentukan zat besi kompleks di lapisan usus.

Zat besi merupakan mineral penting yang dapat membantu mengangkat oksigen ke darah untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh.

Adapun terlalu sedikit zat besi dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi, yang berakibat pada kelelahan dan penurunan kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, terkadang beberapa orang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi teh sama sekali.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh jika berhenti minum teh selama sebulan?

Efek berhenti minum teh selama sebulan

Ahli gizi dari Rumah Sakit Dr LH Hiranandani, Powai, Mumbai, Richa Anand mengatakan, tidak meminum teh selama satu bulan dapat memberikan perubahan yang sehat pada tubuh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.