Bolehkah minum vitamin dalam perut kosong?(SHUTTERSTOCK/SERSOLL)
Bolehkah minum vitamin dalam perut kosong?(SHUTTERSTOCK/SERSOLL) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Minum Vitamin Sebelum Makan Picu Mual dan Muntah? Ini Kata Guru Besar UGM

15 Mei 2024 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebuah unggahan yang menyebut suplemen vitamin tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut diunggah oleh akun X (Twitter) @vlinsyl, Senin (13/5/2024).

Dalam twitnya, pengunggah mengatakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi bila seseorang mengonsumsi vitamin saat perut kosong, seperti mual dan muntah.

"FYI diminum setelah makan, jgn pas perut kosong. Gw minum ini pas perut kosong kleyengan  mual2 sampe muntah," tulis pengunggah.

Adapun, beberapa warganet juga menanggapi twit tersebut dengan mengatakan hal serupa.

"Benerrr memang beda rasanya di perut kalau sebelum dan sesudah. Dan memang cara pakainya setelah makan," tulis akun @friedelcraft.

Lantas, benarkah vitamin tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong?

Penjelasan ahli

Guru Besar Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati membantah narasi yang menyebut bahwa suplemen vitamin tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

Sebab, kata dia, ada beberapa jenis suplemen yang boleh dikonsumsi saat perut kosong alias sebelum makan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.