Dua model tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/OTOMOTIF)
Dua model tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/OTOMOTIF) ( KOMPAS.COM)

Begini Cara Untuk Menyalip Pakai Mobil Matik yang Benar

30 Mei 2024 19:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Berkendara menggunakan mobil transmisi otomatis akan merasakan kemudahan dalam pengoperasiaanya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya posisi tuas transmisi matik saat menyalip.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, saat menyalip mobil membutuhkan tenaga yang kuat sehingga.

“Saat berjalan pada posisi D, saat hendak menyalip mobil di depannya berarti membutuhkan tenaga yang penuh supaya bisa melewatinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengemudi tergantung dari jenis matik yang digunakan,” kata Iwan kepada Kompas.com, Selasa (29/5/2024).

Iwan mengatakan, biasanya tuas transmisi matik pada saat berkendara berada di posisi D, sehingga agar mendapat tenaga yang penuh, perlu melakukan kick down.

Kick down pada mobil matik artinya adalah menekan pedal gas lebih dalam sehingga mesin akan turun satu gigi serta mendapat tenaga untuk menyalip.

“Pada umumnya untuk mendapatkan tenaga yang penuh, ketika posisi gigi sudah maksimal bisa melakukan kick down. Caranya angkat pedal gas sedikit dan injak lebih dalam secara mendadak, maka gigi matic akan berpindah ke ke bawah satu tingkat,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, dengan melakukan kick down maka putaran mesin akan tinggi sehingga tenaga lebih besar.

“Setelah melewatinya gigi akan pindah kembali ke yang lebih tinggi dan akan menambah kecepatan mobil,” kata Iwan.

Iwan juga mengatakan, untuk mobil yang menggunakan tombol over drive, bisa di non-aktifkan terlebih dahulu, sehingga gigi akan pindah ke bawah satu tingkat.

“Untuk yang menggunakan triptonik lebih mudah lagi, tinggal geser atau pencet tombol ke gigi yang lebih rendah satu tingkat,” kata Iwan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Menyalip Pakai Mobil Matik yang Benar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/30/081200515/begini-cara-menyalip-pakai-mobil-matik-yang-benar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.