Jamu asli Indonesia terbuat dari berbagai empon-empon dan rempah. (SHUTTERSTOCK W1SNU.COM)
Jamu asli Indonesia terbuat dari berbagai empon-empon dan rempah. (SHUTTERSTOCK W1SNU.COM) ( KOMPAS.COM)

Jamu Diakui sebagai Warisan Kebudayaan Dunia

13 Juni 2024 16:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan FARMASI adalah disiplin ilmu yang melibatkan aspek ilmiah dan keterampilan, berfokus pada penyiapan dan standarisasi obat sebagai bagian hakiki pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kesehatan umat manusia di marcapada.

Evolusi farmasi, mulai dari zaman dahulu hingga zaman modern merupakan cerminan penting dari kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sistem perawatan kesehatan.

Sebagai ilmu terapan dapat dikatakan bahwa farmasi merupakan ilmu yang relatif muda dan memang merupakan karsa dan karya peradaban Barat khususnya Eropa dan Amerika Serikat.

Semula farmasi dikaitkan dengan agama dan mistik. Kebudayaan Yunani kuno percaya bahwa penyakit adalah hukuman dari para dewa, dan penyembuhan adalah anugerah dari para dewa.

Apoteker dianggap sebagai penyembuh yang memiliki akses terhadap pengetahuan ilahi.

Peradaban Mesir kuno juga memiliki sejarah yang kaya raya dalam menggunakan pengetahuan canggih mereka tentang pengobatan alami dan ramuan tanaman untuk mengobati berbagai penyakit.

Pada abad pertengahan, para alkemis bereksperimen dengan berbagai zat untuk mencari ramuan kehidupan abadi dan obat mistik lainnya.

Para alkemis juga berperan penting dalam mengembangkan obat-obatan baru, seperti penggunaan merkuri sebagai pengobatan sifilis.

Pada periode Renaisans, farmasi mulai mengambil pendekatan yang lebih profesional dan saintifikasi versi Barat.

Apoteker juga mulai fokus pada penyiapan dan peracikan obat, yang mengarah pada pengembangan obat baru untuk mengobati berbagai penyakit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm