Ilustrasi teh.(SHUTTERSTOCK/Creative World Design)
Ilustrasi teh.(SHUTTERSTOCK/Creative World Design) ( KOMPAS.COM)

7 Untuk Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh jika Minum Teh Tawar Setiap Hari

23 Juni 2024 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teh tawar dipilih oleh sebagian besar orang yang sedang dalam program diet, penderita diebetes, atau pun mereka yang ingin minum teh namun menghindari asupan gula.

Seperti yang diketahui, asupan gula berlebih dapat memicu beragam masalah kesehatan.

Adapun dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 30 Tahun 2013 disebutkan batas konsumsi gula dalam sehari yakni 10 persen dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan per orang dalam sehari (50 gram/orang/hari).

Selain itu, teh tawar atau teh tanpa gula dinilai lebih memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan teh yang diberi tambahan gula dan pemanis lainnya.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh jika minum teh tawar setiap hari?

Ini yang terjadi pada tubuh jika minum teh tawar setiap hari

Sejumlah penelitian ilmiah menemukan bukti bahwa minum teh tawar bisa melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan kronis termasuk peradangan, kanker, obesitas, dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian lain menyatakan, minum tiga hingga empat cangkir teh tawar dalam sehari merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan minum air putih karena teh memberikan antioksidan bagi tubuh.

Antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dari sel-sel tubuh serta mencegah atau mengurangi kerusakan akibat oksidasi, dikutip dari Times of India (4/8/2021).

Meski demikian, teh tawar juga memiliki potensi efek samping yang mungkin terjadi, terutama bila dikonsumsi berlebihan dan diminum setelah makan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm