Ilustrasi es teh.
Ilustrasi es teh. ( Shutterstock/Charles Brutlag)

Berikut 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Musim Hujan

11 Juli 2024 10:19 WIB

SonoraBangka.id -  Hujan deras melanda sejumlah daerah di Indonesi selama beberapa hari belakangan. Selain istirahat yang cukup dan mengonsumsi vitamin, kamu juga bisa memfilter konsumsi makanan untuk menjaga daya tahan tubuh selama hujan. Ada lima makanan dan minuman yang baik dihindari selama musim hujan untuk mencegah timbulnya penyakit. 

1. Makanan berminyak dan pedas

Gorengan atau makanan berminyak, sebaiknya dikurangi selama musim hujan demi menjaga kesehatan. Dikutip dari The Health Site, mengonsumsi makanan berminyak dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kembung dan sakit perut. Makanan pedas juga demikian. Sebab, pencernaan cenderung melambat selama musim hujan, seperti dikutip Vanguard. 

2. Jajanan kaki lima

Sama halnya dengan gorengan, kamu juga bisa mengurangi konsumsi jajanan kaki lima demi kesehatan. Jajanan kaki lima yang tidak dibuat dengan standar kebersihan, memungkinkan kontaminasi bakteri dari bahan maupun cara memasaknya. Baca juga: Resep Sayur Bayam Kembang Tahu, Kuah Bening untuk yang Sedang Sakit Namun demikian, kontaminasi bakteri pada jajanan kaki lima bisa terjadi pada musim apa saja, tidak hanya saat hujan.

3.  Seafood

Selama musim hujan, makanan laut atau boga bahari (seafood) lebih rentan terkontaminasi karena cuaca yang lembap dan hangat. Lihat Foto Ilustrasi seafood tumpah yang biasanya terdiri dari olahan berbagai hasil tangkapan laut, antara lain kerang, kepiting, udang, cumi-cumi, dan lobster. (Dok. Shutterstock/SugarHoney) Cuaca seperti ini dapat mempercepat pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan risiko keracunan makanan. Baca juga: 8 Cara Membuat Saus Padang untuk Seafood Bila ingin mengonsumsi seafood, pastikan berasal dari sumber tepercaya dengan standar kebersihan yang tinggi.

4. Minuman dingin

Umumnya, minuman hangat lebih sering dikonsumsi selama musim hujan. Hal ini lebih baik daripada mengonsumsi minuman dingin. Lihat Foto Ilustrasi es teh.(Shutterstock/Charles Brutlag) Sebab, minuman dingin, terutama dengan kandungan soda, justru bisa mengganggu sistem pencernaan dan melemahkan kekebalan tubuh. Baca juga: Resep Kunyit Asam, Minuman Empon-empon untuk Musim Pancaroba Konsumsi seduhan hangat dari rimpang, teh, maupun kopi selama musim hujan untuk menghangatkan tubuh.

5. Sayuran berdaun hijau

Dikutip dari Healthshots, suhu dan kelembapan musim hujan membuat tingkat pertumbuhan bakteri lebih tinggi pada sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kembang kol, dan kubis. Lihat Foto ilustrasi bayam goreng.(SHUTTERSTOCK/momo2050) Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi lambung bila terlanjur dikonsumsi, apalagi jika tidak membersihkan sayur dengan benar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Musim Hujan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/10/113100175/5-makanan-dan-minuman-yang-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-saat-musim-hujan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm