Sumber protein hewani, seperti ayam diperlukan untuk makan siang karena penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.
Sumber protein hewani, seperti ayam diperlukan untuk makan siang karena penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. ( SHUTTERSTOCK/Ania Safitri)

Menu Makan Siang ala Restoran, Berikut Cara Membuat Ayam Pop

15 Juli 2024 15:16 WIB

SonoraBangka.id - Ayam pop umumnya disajikan di restoran masakan Padang. Warnanya dominan putih, dagingnya empuk dan sedikit berminyak, serta rasanya gurih pedas tergantung sambal yang jadi pendampingnya.  Bila sering membeli ayam pop di restoran masakan Padang, tak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah. 

Tips agar warna ayam tetap putih yang khas, perhatikan durasi menggoreng ayam. Cukup celupkan ayam selama beberapa saat di minyak panas, balikkan, lalu angkat. Jangan terlalu lama.   Simak cara membuat dan resep ayam pop, dikutip dari buku "101 Variasi Lauk Pauk" karya Chef Henry Ramaly Hutama dan Utari Ninghadiyati (2013) terbitan Kriya Pustaka. 

Resep ayam pop

Bahan:

1 ekor ayam kampung (potong 4 bagian, sisihkan kulitnya)

1 1/2 sdt cuka

200 ml santan kental

300 ml minyak goreng

Bahan bumbu yang dihaluskan:

8 butir bawang merah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm