Ilustrasi wawancara kerja atau interview kerja.(SHUTTERSTOCK/FIZKES)
Ilustrasi wawancara kerja atau interview kerja.(SHUTTERSTOCK/FIZKES) ( kompas.com)

Cara Untuk Menjawab "Berapa Gaji yang Anda Harapkan?" Saat Wawancara Kerja

17 Juli 2024 20:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada beragam pertanyaan yang diajukan kepada kandidat saat wawancara kerja. Ini termasuk pertanyaan terkait gaji yang diharapkan.

Jangan asal menjawab pertanyaan soal gaji yang Anda harapkan. Pertanyaan ini lugas, tapi jawabannya bisa sangat rumit.

Dikutip dari The Balance, Rabu (17/7/2024), pihak HRD perusahaan mungkin menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah mereka mampu membayar gaji Anda atau tidak.

HRD perusahaan mungkin juga menanyakan hal ini untuk melihat seberapa besar Anda menghargai diri sendiri dan pekerjaan Anda.

Dengan meneliti dan mempersiapkan jawaban sebelumnya, Anda dapat menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda tidak hanya fleksibel dengan gaji Anda, namun Anda juga tahu betapa berharganya Anda.

Ada sejumlah cara menjawab pertanyaan tentang gaji yang diharapkan saat wawancara kerja. Penting untuk menentukan cara terbaik menjawab pertanyaan ini sehingga Anda dapat menjalani wawancara dengan percaya diri.

Selain itu, meskipun Anda mungkin memiliki target gaji yang tinggi, Anda juga sebaiknya tidak menargetkan terlalu tinggi sehingga Anda berada di luar kisaran gaji perusahaan.

Kalau gaji yang Anda harapkan terlalu rendah, Anda akan meninggalkan ruang bagi perusahaan untuk menetapkan gaji yang lebih rendah lagi, dan Anda mungkin akan merasa sengsara karena gaji yang kurang layak.

Sulit juga untuk memutuskan gaji yang Anda harapkan bahkan sebelum Anda mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dalam pekerjaan yang dilamar.

Hal ini sering terjadi ketika Anda diminta untuk mengungkapkan kisaran gaji yang diharapkan sebelum Anda mempelajari posisi tersebut secara mendalam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm