Ilustrasi balado teri.
Ilustrasi balado teri. ( Shutterstock/Heri Kusdianto)

Nikmat Dicampur dengan Nasi Hangat, Berikut Cara Membuat Balado Teri

23 Juli 2024 17:16 WIB

SonoraBangka.id - Bila mencari lauk yang bisa dicampur dengan nasi hangat, balado teri salah satunya. Teksturnya yang kering dan garing membuatnya lebih tahan lama.  Lima bahan cukup untuk membuat balado teri. Kamu perlu menyiapkan teri kering asin, minyak, bawang putih, cabai merah, dan gula pasir.  Simak resep dan cara membuat balado teri, dikutip dari buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia-Lauk Kering" karya Lilly T. Erwin (2010) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep balado teri

Bahan:

300 gr teri kering asin (cuci, tiriskan)

Minyak secukupnya (untuk menggoreng)

Bahan bumbu yang dihaluskan:

2 sdm bawang putih iris

3 sdm cabai merah iris

3 sdt gula pasir

Cara membuat balado teri

1. Tuang minyak ke wajan untuk dipanaskan. Goreng ikan teri sampai mengering dan berubah warna ke kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, kemudian diamkan. 

2. Gunakan minyak sisa menggoreng teri, goreng bumbu yang dihaluskan sampai beraroma. Diamkan selama beberapa saat sampai bumbu mengental.

3. Tambahkan ikan teri goreng ke wajan tersebut, aduk hingga bumbunya rata. Sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Balado Teri, Nikmat Dicampur dengan Nasi Hangat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/23/123825775/resep-balado-teri-nikmat-dicampur-dengan-nasi-hangat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm