Survei yang dilakukan Kompas.com pada Oktober 2023 mengenai pemahaman mengenai mobil listrik di Indonesia mengungkapkan, Innova Zenix Hybrid dari Toyota sebagai tipe mobil hybrid yang menjadi top of mind masyarakat. (Dok. KOMPAS.com/Stanley Ravel)
Survei yang dilakukan Kompas.com pada Oktober 2023 mengenai pemahaman mengenai mobil listrik di Indonesia mengungkapkan, Innova Zenix Hybrid dari Toyota sebagai tipe mobil hybrid yang menjadi top of mind masyarakat. (Dok. KOMPAS.com/Stanley Ravel) ( kompas.com)

Gaikindo Akui Dorong Untuk Pemberian Insentif bagi Mobil Hybrid

23 Juli 2024 19:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesisa (Gaikindo) masih berupaya mendorong insentif mobil hybrid kepada pemerintah.

Upaya tersebut dilakukan supaya pasar lebih mudah menyerap atau memiliki produk terkait. Sehingga, percepatan program elektrifikasi kendaraan bermotor menuju netralitas karbon berjalan optimal.

Mengingat, mobil hybrid dipercaya bisa menjembatani transisi atau peralihan dari mobil berteknologi Internal Combustion Engine (ICE) ke Battery Electric Vehicle (BEV).

"Kita sedang mengusulkan ke Pemerintah untuk juga memberikan insentif ke mobil hybrid meskipun tidak harus sama seperti BEV," kata Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/7/2024).

Ia lantas menjelaskan ada empat faktor yang menjadi landasan pemberian mobil hybrid cukup penting saat ini.

Pertama, dengannya pemerintah tak perlu menyiapkan fasilitas penunjang berupa charging station alias Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memperluas pasar mobil listrik.

"Kedua, mobil hybrid hemat BBM sampai 49 persen dibanding ICE," kata dia.

Ketiga, kendaraan berjenis HEV rendah polusi karena mesin konvensionalnya jarang aktif. Apalagi, kalau mobil lebih sering berada dalam kondisi stop-and-go.

Terakhir, biaya produksi mobilnya juga tidak semahal BEV. Sehingga, lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia yang pendapatan per kapitanya masih 5.000 dollar AS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaikindo Akui Dorong Pemberian Insentif bagi Mobil Hybrid", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/23/062200315/gaikindo-akui-dorong-pemberian-insentif-bagi-mobil-hybrid.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm