( )

Tirakatan sampai Sepak Bola Durian, Ini 5 Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus di Indonesia

4 Agustus 2024 09:15 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui bulan Agustus adalah bulannya rakyat Indonesia. Sebab pada tanggal 17 Agustus nanti, Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan.

Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang beragam.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki tradisi unik dalam memperingati hari bersejarah ini, yang diwariskan dari generasi ke generasi dan terus dilestarikan hingga sekarang.

Berikut adalah 5 tradisi perayaan 17 Agustus di berbagai daerah di Indonesia:
 
1. Tirakatan, Jawa

Tirakatan, mirip dengan barikan, adalah tradisi yang erat dengan masyarakat Jawa.

Pada malam 16 Agustus, warga berkumpul untuk mengenang jasa pahlawan, doa bersama, dan makan bersama. Acara ini juga biasanya disertai penyerahan hadiah dari lomba-lomba sebelumnya.

2. Pacu Kude, Aceh

Di Aceh, terdapat tradisi Pacu Kude, yang merupakan perlombaan kuda. Tradisi ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan biasanya digelar setelah musim panen.

Sejak 1956, pemerintah setempat mengadopsi permainan ini sebagai simbol perjuangan rakyat Aceh. Kuda yang digunakan dalam balapan ini adalah hasil persilangan antara kuda Australia dan kuda Gayo.

3. Lomba Dayung, Banjarmasin

Sumberwww.kabarbumn.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm