Bubur kacang hijau, bubur manis khas Indonesia yang terbuat dari kacang hijau.
Bubur kacang hijau, bubur manis khas Indonesia yang terbuat dari kacang hijau. ( DOK. Shutterstock/Kathleen JT)

Hangat Disantap dengan Saus Santan, Berikut Resep Bubur Kacang Hijau

14 Agustus 2024 15:45 WIB

SonoraBangka.id - Bubur kacang hijau bisa menjadi menu sarapan atau camilan keluarga. Namun, agar hasilnya lebih sedap, sebaiknya rendam kacang hijau yang sudah dicuci bersih ke air selama semalaman.  Bubur kacang hijau yang sedikit manis dan empuk lebih nikmat bila disantap bersama saus santan. Untuk resep ini, gunakanlah santan kental dan pastikan untuk mengaduknya dengan baik saat direbus agar santan tidak pecah. Berikut resep dan cara membuat bubur kacang hijau dari buku "Aroma Rasa Kuliner Nusantara: 280 Resep Kue & Jajanan Khas Indonesia" karya Lilly T. Erwin (2014) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep bubur kacang hijau

Bahan:

250 gr kacang hijau (cuci dan rendam sekitar 4 jam atau semalam)

750 ml air (untuk merendam dan merebus kacang)

3 lembar daun pandan (simpulkan)

200 gr gula pasir

1/2 sdt garam

Bahan saus santan:

200 ml santan kental

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm