Dalam karya sastra berjudul Serat Wulangan Olah-Olah Warna-Warni (1926), rawon merupakan sajian spesial yang diperuntukkan hanya untuk raja. Kalau sekarang rawon identik dengan daging sapi, kala itu rawon dibuat dengan daging kerbau.
Dalam karya sastra berjudul Serat Wulangan Olah-Olah Warna-Warni (1926), rawon merupakan sajian spesial yang diperuntukkan hanya untuk raja. Kalau sekarang rawon identik dengan daging sapi, kala itu rawon dibuat dengan daging kerbau. ( Dok. Shutterstock/ Edgunn)

Sup Berkuah Hitam Khas Jawa Timur, Berikut Cara Membuat Rawon

20 Agustus 2024 20:32 WIB

SonoraBangka.id - Rawon pada dasarnya ialah sup daging sapi khas Jawa Timur yang tampilan kuahnya berwarna hitam pekat karena diberi tambahan kluwek. Campuran kluwek pada bumbu rawon tidak hanya membuat kuahnya berwarna, tapi juga memberikan rasa rempah yang khas. Rawon lezat disantap bersama nasi putih hangat, taoge, telur asin, dan sambal terasi. Simak resep rawon daging selengkapnya dalam buku "Rawon khas Jawa Timur" karya Sasongko Iswandaru (2019) terbitan Penerbit Pohon Cahaya Semesta berikut.

Resep rawon

Bahan rawon:

500 gr daging sapi

3 liter air bersih

5 lembar daun jeruk purut segar

2 batang serai (memarkan)

2 batang daun bawang (potong 1 cm)

Kaldu sapi bubuk secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm