Menteri Pertanian Amran Sulaiman menguji coba bahan bakar Biodiesel B50 disela acara peresmian Pabrik Biodiesel B50 di Tanah Bumbu, Kalsel, Minggu (18/8/2024). (KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman menguji coba bahan bakar Biodiesel B50 disela acara peresmian Pabrik Biodiesel B50 di Tanah Bumbu, Kalsel, Minggu (18/8/2024). (KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR) ( KOMPAS.COM)

B50 Resmi Diluncurkan, Berikut Untuk Hasil Uji Coba pada Kendaraan

20 Agustus 2024 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah melalui Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman resmi meluncurkan bahan bakar campuran solar dengan minyak sawit dengan rasio masing-masing 50 persen atau B50, Senin (19/8/2024).

Langkah ini merupakan salah satu upaya Tanah Air dalam memastikan akses energi yang terjangkau dan ramah lingkungan. Pasalnya, B50 tidak cuma mengurangi emisi karbon, tapi juga menekan defisit atas perdagangan.

"Biodiesel B50 dapat menghemat devisa negara untuk impor solar yang membebani keuangan negara rata-rata hingga Rp 300-400 triliun per tahun," ujar Amran dalam keterangannya, dikutip pada Selasa (20/8/2024).

Di sisi lain, pemanfaatan minyak sawit untuk B50 juga sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap pasar ekspor sawit yang kerap mendapat kampanye negatif yang berdampak pada terganggunya ekspor sawit nasional.

"Untuk itu, saat ini kami ditugaskan mengawal kesiapan pemerintah untuk program implementasi Biodiesel B50 tersebut, tidak hanya dari sisi suplai pada kesiapan bahan baku Crude Palm Oil (CPO), tetapi lebih luas lagi," kata Amran.

Bahan bakar biodiesel B50 diproduksi PT Jhonlin Agro Raya (JAR) dan diuji coba langsung ke kendaraan oleh Amran. Dalam uji coba terkait kendaraan yang digunakan ialah Toyota Kijang Innova tahun 2018 tanpa modifikasi pada mesin atau selang.

Adapun uji coba dilaksanakan hingga Juli 2024 dan telah menempuh jarak 170.891 kilometer.

"Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan terdapat kelebihan penggunaan B50 meliputi hasil uji coba pada kendaraan publik untuk B50 rata-rata dapat menempuh 11,82 km per liter," kata Ketua Working Group Biodiesel B50 Dirjen PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah.

Lebih jauh, pengujian pada kendaraan lapangan atau double cabin, efisiensi B50 mencapai 10,4 kilometer per liter, sedangkan B35 hanya 9 km per liter.

Sementara pengujian pada alat seperti buldoser, ekskavator, dan truk juga menunjukkan keunggulan efisiensi B50.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm