Ilustrasi bir pletok, wine tanpa alkohol khas Betawi.
Ilustrasi bir pletok, wine tanpa alkohol khas Betawi. ( SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO)

Minuman Tradisional yang Tidak Membuat Mabuk, Berikut Resep Bir Pletok

25 Agustus 2024 07:43 WIB

SonoraBangka.id - Bir pletok, tidak seperti namanya adalah minuman bebas alkohol.  Bir pletok merupakan minuman tradisional yang dibuat oleh orang Betawi. Konon, nama bir disematkan karena orang Betawi penasaran akan minuman wine yang dikonsumsi orang Belanda pada zaman kolonial.  Mereka membuat minuman berwarna merah dengan campuran rempah-rempah dan pemanis. Pada prosesnya, minuman dikocok dalam wadah yang menghasilkan suara "pletok".  Bir pletok bisa dibuat sendiri di rumah dan awet disimpan lebih dari sebulan di kulkas. Pastinya, minuman ini tidak membuat mabuk. Simak resep dari Sajian Sedap ini. 

Resep bir pletok

Bahan: 

1.500 ml air

150 gram jahe, bakar, memarkan

50 gram gula merah, sisir

2 batang serai, memarkan

5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

4 cm kayumanis

5 butir cengkih

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm