Gemarikan Festival (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan)
Gemarikan Festival (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) ( Diskominfosta Bateng)

Aksi Cegah Stunting di Bangka Tengah dengan Gemarikan Festival

28 Agustus 2024 15:01 WIB

SonoraBangka.id - Melalui Dinas Perikanan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar Gemarikan Festival (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), di halaman Galeri Dekranasda, Pantai Arung Dalam, Selasa (27/08/2024).

Lomba masak serba ikan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan sektor kelautan dan perikanan dan bertujuan untuk memasyarakatkan makan ikan sehingga tingkat konsumsi makan ikan di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) semakin meningkat.

Festival ini dihadiri oleh Bupati Bateng, Algafry Rahman, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Suryadi, Ketua TP-PKK Kabupaten Bateng, Eva Algafry, Wakil Bupati Bateng, Era Susanto, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Bateng, Maya Dwie Era, Sekretaris Daerah Bateng, Sugianto, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bateng, Elshinta Sugianto.

"Festival ini menggelar dua jenis lomba secara bersamaan, yakni Lomba Masak Serba Ikan khususnya olahan dari ikan tongkol yang diikuti oleh anggota TP-PKK dari enam kecamatan yang ada di Bangka Tengah, serta perlombaan memasak menu Ikan Kembung Betelok yang terbuka untuk diikuti oleh OPD di Bateng maupun untuk umum dan pelaku UMKM di Bateng," jelas Imam Soehadi, Kepala Dinas Perikanan Bateng.

Bupati Bateng ketika ditemui Tim Diskominfosta mengatakan bahwa kegiatan Festival Gemarikan ini sangat banyak manfaatnya.

"Melalui kegiatan ini selain para peserta bisa mengasah keterampilan memasak masakan yang berbahan baku ikan, kegiatan ini juga bisa sebagai sarana penyebarluasan informasi mengenai ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizinya, serta manfaat konsumsi ikan itu sendiri," ungkap Bupati.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bateng, Eva Algafry juga berharap agar menu berbahan baku ikan ini dapat disajikan sebagai menu sehari-hari di rumah oleh masyarakat.

"Kita berharap, menu olahan ikan ini dapat jadi menu utama pada setiap keluarga sehari-harinya, dan festival masak Ikan Kembung Betelok ini merupakan yang pertama di Bangka Tengah, bahkan di Provinsi Bangka Belitung, semoga dapat jadi kegiatan tahunan bagi kita," harap Eva.

Agus Suryadi selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pun menyempatkan hadir pada festival ini.

"Kami menerapkan Blue Economy di lima kawasan konservasi di Pulau Bangka dan Belitung. Kebijakan Blue Economy atau ekonomi biru yang digagas Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadi salah satu prioritas yang gencar  dilakukan Pemrov Kepulauan Bangka Belitung (Babel)," ujarnya.

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm