Ketua DPRD Babel saat menemui mahasiswa peserta aksi unjuk rasa kawal putusan MK.
Ketua DPRD Babel saat menemui mahasiswa peserta aksi unjuk rasa kawal putusan MK. ( Screenshoot Facebook DPRD Babel)

Mahasiswa UBB yang Gelar Aksi Damai, Ini Tanggapan Ketua DPRD Babel

30 Agustus 2024 09:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Ratusan mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar aksi damai di Kantor DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel ), Selasa (27/8/2024).

Wakil Presiden Mahasiswa BEM KM UBB, Noufal Asshafy mengatakan, setidaknya ada enam tuntutan yang disampaikan para mahasiswa dalam aksi unjuk rasa ini.

"Kami ingin DPRD ini bersama-sama mengawal putusan MK yang telah terjadi di pusat, jangan sampai ada perubahan lagi. Lalu menuntut segera disahkan RUU Perampasan aset yang kita ketahui permasalahan timah Rp 300 triliun, belum ada tindak lanjut sampai sekarang dan kami rasa ini bisa menjadi solusi untuk kita semua," jelas Noufal Asshafy.

Selain itu ada pula aspirasi dari jurusan teknik, serta aspirasi dari jurusan pertanian terkait kondisi atau permasalahan yang kini sedang dialami oleh Negeri Serumpun Sebalai.

"Kami ingin menegaskan kembali Perda tentang reklamasi pasir tambang, lalu dari jurusan pertanian perihal tentang HTI di Bangka Barat segera dihentikan," tegasnya.

"Lalu kami ingin transparansi dan akuntabilitas dari kinerja KPU dan Bawaslu, tujuannya agar masyarakat tahu bahwa kinerja mereka seperti apa mulai dana, fasilitas, apa yang mereka lakukan itu jelas," tambahnya.

Lebih lanjut Noufal Asshafy juga menegaskan aksi damai akan kembali dilakukan ratusan mahasiswa UBB guna mengawal berbagai keputusan.

"Kalau dari kami sepakat ini bukan yang terakhir kami lakukan, kami komitmen mengawal putusan MK tersebut. Kawal terus, sampai rampung permasalahan pilkada ini," katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Herman Suhadi yang menemui para mahasiswa di halaman Gedung DPRD Babel pun menyambut baik aspirasi yang disampaikan oleh ratusan mahasiswa UBB itu.

"Alhamdulillah, bahwa hari ini kami kedatangan putra putri bangsa, yang InsyaAllah suatu saat akan memimpin negeri ini lebih baik lagi. Kawan-kawan BEM dan mahasiswa sekali lagi terima kasih, kalau putusan MK kemarin tidak dikawal oleh mahasiswa, kemungkinan akan ada keputusan lain yang mencederai demokrasi," ungkapnya.

Herma menyebutkan, DPRD Babel tentu siap menindaklanjuti aspirasi yang disuarakan oleh mahasiswa pada aksi ini.

"Tuntutan demo mengawal keputusan MK kita sangat sepakat, kemudian ada keputusan lain. Pada intinya kita bangga selama mahasiswa kita masih kritis, selama masih rajin seperti ini kita yakin bangsa Indonesia kita ini akan tetap maju berkembang ke depannya karena ada mahasiswa yang mengawal negeri yang kita cintai," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm