Ilustrasi
Ilustrasi ( )

Apa Boleh Ibuprofen Jadi Obat Pereda Nyeri Haid? Kepoin Disini

7 September 2024 11:04 WIB

SonoraBangka.id - Seringkali, nyeri haid dan kram terjadi di sebagian besar perempuan dan dengan intensitas yang berbeda-beda.

Sehingga, banyak yang meminum obat pereda nyeri haid, salah satunya adalah ibuprofen.

Ibuprofen termasuk dalam keluarga obat yang dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yakni kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menurunkan demam.

Dilansir dari National Library of Medicine, para peneliti di Cochrane Collaboration, sebuah jaringan peneliti internasional mencari studi klinis obat-obatan NSAID, salah satunya ibuprofen, untuk mengetahui apakah membantu meredakan nyeri haid.

Studi ini membandingkan keefektifan obat penghilang rasa sakit dengan plasebo (obat palsu) atau obat lain. Studi termasuk wanita dengan dan tanpa endometriosis.

Para peneliti menemukan 82 dari 100 anak perempuan dan wanita dewasa (rentang umur 12 - 47 tahun) yang tidak menggunakan NSAID masih merasakan sakit parah setelah beberapa jam.

Lalu, 51 dari 100 anak perempuan dan wanita dewasa yang menggunakan NSAID masih merasakan sakit parah setelah beberapa jam.

Jadi, obat penghilang rasa sakit menghilangkan rasa sakit pada 31 dari 100 anak perempuan dan wanita dewasa.

Sehingga, studi menunjukkan bahwa obat NSAID, yakni ibuprofen lebih efektif daripada plasebo dalam meredakan nyeri haid.

Dalam penelitian lain juga menunjukkan bahwa NSAID lebih efektif daripada penggunaan obat asetaminofen (parasetamol).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm