Ilustrasi bawang bombai.
Ilustrasi bawang bombai. ( SHUTTERSTOCK/NUMLPPHOTO)

Berikut Cara Simpan Bawang Bombai Cincang untuk Stok Masak di Rumah

12 September 2024 06:58 WIB

SonoraBangka.id - Menyimpan bawang bombai agar awet dan tahan lama, bisa dilakukan dengan cara membekukannya. Bawang bombai beku ini bisa tahan sampai tiga hingga enam bulan, caranya juga mudah. Kamu dapat menyimpan bawang bombai dalam bentuk cincang, karamelisasi, atau potong dadu. Simak cara menyimpan bawang bombai untuk stok di rumah, dikutip dari laman Masterclass. 

1. Siapkan bawang bombai

Kupas dan potong bawang dengan menggunakan pisau tajam, iris dan potong menjadi cincang atau dadu. Kamu bisa menggunakan food processor untuk mengiris bawang bombai. 

2. Buang bagian yang busuk

Buang bagian bawang bombai yang telah membusuk dan bintik-bintik lembek, dan coklat. 

3. Masukkan dalam kantong freezer

Bagi bawang bombai cincang dalam satu atau beberapa kantong freezer. Tekan udara keluar dari plastik untuk mencegah frezeer burn, dan susun potongan bawang bombai dalam satu lapisan agar bawang tidak saling menempel.

4. Gunakan wadah kedap udara

Kamu bisa menyimpan bawang bombai dalam wadah kedap udara. Tempatkan bawang bombai cincang, potong dadu, atau karamel dalam lapisan tipis sebelum memasukkannya ke dalam wadah. 5. Masukkan bawang bombai ke tempat es batu Kamu juga bisa membekukan bawang bombai menggunakan tempat es batu yang lebih mudah untuk membagi bagian bawang bombai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Bawang Bombai Cincang untuk Stok Masak di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/10/070300175/cara-simpan-bawang-bombai-cincang-untuk-stok-masak-di-rumah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm