Ilustrasi tikus.(Shutterstock/torook)
Ilustrasi tikus.(Shutterstock/torook) ( KOMPAS.COM)

5 Untuk Cara Membasmi Tikus Tanpa Racun, Mudah dan Ampuh

14 September 2024 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Keberadaan tikus di rumah maupun di kebun tentu mengkhawatirkan. Masalahnya, hewan kecil ini kerap membawa kotoran dan penyakit serta merusak tanaman dan benda-benda di rumah.

Umumnya, tikus dapat dibasmi dengan penggunaan racun khusus tikus. Namun, selain itu, ada beberapa cara membasmi tikus yang lebih alami tanpa racun.

Mengutip Treehugger, Sabtu (14/9/2024), berikut adalah beberapa cara membasmi tikus tanpa racun.

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial beraroma kuat seperti peppermint telah terbukti efektif untuk mengusir tikus dari suatu area. Untuk membasmi tikus dengan minyak esensial, kamu hanya membutuhkan bola kapas dan minyak peppermint.

Oleskan beberapa tetes minyak esensial peppermint ke beberapa bola kapas. Letakkan bola kapas di dekat celah-celah rumah yang mungkin menjadi tempat masuknya tikus.

Letakkan bola kapas tambahan di area tempat kamu melihat tikus. Selain menggunakan minyak esensial, pilihan lainnya yang juga efektif adalah menempatkan tanaman peppermint di dekat titik masuk tikus, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Gunakan perangkat ultrasonik

Cara manusiawi lainnya untuk mengusir tikus tanpa racun adalah dengan mencoba alat ultrasonik. Alat ini mengeluarkan suara berfrekuensi sangat tinggi, yang tidak terdengar oleh telinga manusia, namun sangat mengganggu tikus dan hewan pengerat lainnya.

Kalau ingin lebih efektif, kamu bisa menggabungkan penggunaan alat ini dengan metode pembasmian tikus yang lain. Selain itu, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat mendengar suara-suara ini, sehingga mungkin mereka pun bisa terganggu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm