Apakah nasi dingin bagus untuk penderita diabetes?
Apakah nasi dingin bagus untuk penderita diabetes? ( Shutterstock/Amarita)

Pas untuk Pengidap Diabetes, Berikut Cara Kurangi Kadar Gula Nasi Putih

8 Oktober 2024 06:24 WIB

SonoraBangka.id - Nasi adalah salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang bisa membuat perut kenyan. Sayangnya, nasi juga memiliki kandungan pati yang cukup tinggi. Dalam secangkir nasi putih, terdapat sekitar 45 gram karbohidrat yang menghasilkan 206 kalori.

Kandungan pati ini dapat diubah oleh tubuh menjadi energi, tetapi jika dikonsumsi berlebihan, pati tersebut akan disimpan tubuh sebagai gula yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk obesitas dan diabetes.

Namun, ada kabar baik bagi para pencinta nasi. Ada trik khusus yang bisa digunakan untuk mengurangi kandungan gula dalam nasi, sehingga lebih aman dikonsumsi tanpa khawatir meningkatkan kadar gula darah. 

Berikut ini adalah cara menurunkan kandungan gula nasi putih:

1. Tambahkan minyak kepala murni

Salah satu cara untuk membuat nasi rendah gula adalah dengan menambahkan minyak kelapa murni saat proses memasak. Minyak kelapa mengandung lemak yang dapat menciptakan pati resisten, yaitu pati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Menurut penelitian, penambahan sekitar 3 persen minyak kelapa dari berat beras yang dimasak dapat mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh tubuh.

Sebagai contoh jika memasak setengah cangkir beras, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa. Proses ini akan membuat molekul minyak kelapa berinteraksi dengan kandungan pati selama pemasakan, dan akan mengubah struktur pati sehingga menjadi resisten terhadap enzim pencernaan. Pati resisten ini tidak akan terurai dalam usus halus dan tidak menghasilkan gula yang berlebihan, sehingga mengurangi jumlah gula yang masuk ke aliran darah.

2. Dinginkan nasi sebelum dikonsumsi

Setelah nasi matang, sebaiknya jangan langsung dikonsumsi dalam keadaan panas. Sebaiknya, masukkan nasi ke dalam wadah tahan air dalam lemari es selama sekitar 12 jam sebelum dihangatkan kembali. Lihat Foto Apakah nasi dingin bagus untuk penderita diabetes?(Shutterstock/Amarita) Proses pendinginan ini akan membuat ikatan molekul gula dalam nasi menjadi lebih kuat dan sulit dicerna. Saat nasi dihangatkan kembali, struktur pati resisten tidak akan berubah, sehingga nasi tetap rendah gula. Pati ini bisa menjadi sumber energi bagi bakteri baik dalam usus dan membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Kurangi Kadar Gula Nasi Putih, Pas untuk Pengidap Diabetes", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/07/193100075/cara-kurangi-kadar-gula-nasi-putih-pas-untuk-pengidap-diabetes.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm